Laman

Selasa, 24 Desember 2013

UTS Psikologi Pendidikan semester 3

Nama               :           Evi Yuliana.
NIM                :           121 024 016
Kelas               :           TP 2012 B 
Mata Kuliah    :           Psikologi Pendidikan
Dosen              :           Damajanti Kusuma Dewi, M.Si

1) Aspek-aspek penting sehingga kita dapat menyajikan pesan bembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar. Antara lain:
a.      Perkembangan fisik Yaitu sesuatu yang dapat dilakukan dengan olah fisik dan refleksinya sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Dari media pembelajaran yang akan kita buat harus memperhatikan sasaran yang akan kita tuju karena pertumbuhan dan perkembangan fisik anak secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi pola pikirnya dan perilakunya.  menurut perkembangan fisik yaitu peserta didik mempunyai kecakapan atau keterampilan fisik dari aplikasi sebuah media pembelajaran yang telah kita buat berdasarkan kemampuan usianya. Karena memerlukan keterampilan fisik yang dapat membantu merumuskan dalam mengembangkan media pembelajaran. Oleh karena itu kita sebagai calon pengembang media, sangat perlu memahami pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Rancangan pembelajaran yang konduktif akan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang di inginkan.

b.      Perkembangan kognitif  adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan), yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Dari sini lah kita dapat mengembangkan media pembelajaran yang mengasah kemampuan berfikir anak berdasarkan pengalamannya sehingga dengan mendapat pengajaran itu maka mereka akan mudah mengingat dan memahaminya. Sedangkan untuk kita sendiri sebagai si perancang media memerlukan pengembangan kognitif berdasarkan pengalaman yang telah kita jumpai sebelumnya, karena materi yang diolah sebagai media pembelajaran harus diketahui kebenarannya dan hubungannya dengan lingkungan. Sumbangan yang diberikan berupa pemahaman teori piaget mengenai  faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan yaitu kedewasaan,  pengalaman dunia fisik dan pengalaman sosial beserta tahap-tahap perkembangan
c.       Perkembangan Bahasa sebuah alat untuk refleksi diri dan regulasi diri. Fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi, refleksi diri dan regulasi. Dalam pengembangan media pembelajaran visual, audio, dan audio visual juga memerlukan perkembangan bahasa karena bahasa memungkinkan seseorang belajar dari orang lain dan memfasilitasi untuk memperoleh pengetahuan kemampuan berbicara/berbahasa menjadikan seseorang mampu memikirkan lingkungan dan mampu memecahkan masalah. Perkembangan bahasa dipengaruhi oleh lingkungan, karena bahasa pada dasarnya merupakan hasil belajar dari lingkungan. Sumbangan yang diberikan untuk perancangan media pembelajaran berupa faktor-faktor perkembangan bahasa seperti ; umur anak , kondisi lingkungan , kecerdasan anak, dan kondisi fisik.
d.      Perkembangan Psikososial Perkembangan psikososial itu sendiri merupakan perkembangan yang membahas tentang perkembangan kepribadian manusia khususnya yang berkaitan dengan emosi, motivasi dan perkembangan kepribadian. Media pembelajaran yang kita buat harus juga harus memperhatikan tingkat emosi, perkembangan kepribadian anak dan motivasi si anak agar bisa menguasai bahan yang disajikan dalam media tersebut, dengan memperhatikan 3 ketika faktor tadi media pembelajaran yang dibuat akan sangat membantu dalam pembelajaran peserta didik.Ada 8 (delapan) tingkatan perkembangan yang akan dilalui oleh manusia
2)                  a. Maksud dari Perkembangan itu berdiferensiasiyang berarti bahwa perkembangan fisik dan psikis berlangsung dari umum ke khusus (spesifik).

b. Contoh: (1) Seorang anak dengan tangan yang masih kaku mulai belajar sepedah sebelum ia dapat mengerakan sepedah dengan reflek yang baik  (2) seorang anak belajar menaiki sepedah roda tiga sebelum ia belajar menaiki sepedah roda dua
c. Media yang akan saya rancang haruslah sesuai dengan prinsip,fungsi dan pemanfaatnya berdasarkan tingkatan kelas dan usia di lembaga pendidikan dengan lebih mengacu pada isi materi dan evaluasi .
d. Membuat media CAI (1) meteri pembelajaran IPA SMP dengan Bab pengetahuan tentang dasar teori dasar listrik seperti pengertian , seri dan pararel (2) Membuat Media CAI di SMK Dengan Bab penerapan energi listrik dalam kehidupan sehari hari , industri dan teknologi.
  

3)      a. Perkembangan itu berlangsung dari egosentrisme ke perspektifme, berarti bahwa mulanya anak hanya melihat atau memperhatikan dirinya sendiri sebagai pusat, tapi melalui pengalamannya dalam bergaul dengan temannya lambat laun sifat egosentris itu berubah menjadi perspektivis (anak memiliki simpati terhadap kepentingan orang lain)

b. Contoh : saat usia masih 3-4 tahun anak cenderung senang bermain dengan teman imajinasinya dengan asiknya bermain tanpa perlu adanya teman , tapi setelah anak itu di sekolahkan di TK aanak tersebut mulai belajar bersosialisasi dengan teman-teman barunya yang sebaya .


c. Media pembelajaran yang akan dirancang sesuai dengan perkembangan sosial anak , dengan bekerja sama dengan pendidik di dalam lembaga pendidikan. Media ini lebih menekankan pada isi pesan yang akan di sampaikan dengan tujuan agar dapat merubah tingkah laku siswa.


d. Membuat Video pembelajaran kartun anak yang berjudul Monyet dan Kura-Kura . Dongeng ini menceritakan tentang monyet yang pemalas dan suka menipu Sedangkan Kura-kura yang rajin dan baik . pesan dalam dongeng berisikan tentang nilai-nilai moral yang baik terhadap perkembangan si pembelajar.

4)      a. Tugas perkembangan adalah sesuatu tugas yang timbul pada periode tertentu dalam kehidupan seseorang. Adapun menurut Robert Havighurst, tugas perkembangan ialah tugas yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang, yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas pengembangan berikutnya yaitu apabila tahap kehidupan tersebut dijalani dengan berhasil. Sedangkan kegagalan dalam melaksanakan tugas pengembangan, akan mengakibatkan kehidupan tidak bahagia pada individu dan kesukaran-kesukaran lain dalam hidupnya kelak.
b. Fungsi mempelajari tugas perkembangan
Tugas-tugas perkembangan perlu diketahui dan dipahami , baik oleh individu yang bersangkutan maupun oleh pihak yang berhubungan dengan perkembangan individu tersebut, yaitu pendidik, termasuk orang tua.
·         Bagi individu yang bersangkutan.
Setiap individu, khususnya muntuk masa kanak-kanak akhir dan seterusnya, hendaknya memahami tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasau pada fase perkembangan tertentu. Dengan mengetahui tugas-tugas perkembangan berartu dirinya telah mengetahui keterampilan apa saja yang harus dikuasai, bagaimana ia harus bersikap, bertindak, dst. Dengan demikian motivasi intrinsic untuk belajar menguasai hal-hal tersebut dapat berkembang pada dirinya.
·         Bagi pendidik atau pengasuh
Setiap pendidik, termasuk orang tua, hendaknya mengetahui tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasai oleh peserta didiknya. Sebab bagi para pendidik, pengetahuan mengenai tugas-tugas perkembangan merupakan pedoman tentang apa saja yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan peserta didiknya pada fase perkembangan tertentu serta untuk menghadapi fase perkembangan berikutya.
c.Tugas Perkembangan Peserta didik SLTA
o   Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa
o   Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya, serta kematangan dalam perannya    sebagai pria dan wanita.
o   Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat
o   Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
o   Mencapai kematangan dalam pilihan karir
o   Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi.
o   Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang berkehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
o   Mengembangkan kemampuan komunikasi sosial dan intelektual serta apresiasi seni.
o   Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai.

d. Contoh tugas-tugas perkembangan peserta didik menurut Depdiknas 2003 :
a)      Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa. Contoh : Taat beribadah berdasarkan kepercayaan dan keyakinan yang dimiliki serta menjalankan perintah agama dengandan menjahui larangannya
b)      Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya  dalam peranannya sebagai pria atau wanita.Contoh : ikut serta aktif dalam berorganisasi
c)    Mengenal kemampuan bakat, dan minat serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni.Contoh : Mengikuti program ekstrakulikuler yang diminati di sekolah, Les
d)     Mengenal sistem etika dan nilai-nilai sebagai pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan minat manusia.Contoh : bebas dalam bergaul tanpa harus terjerumus ke dalam pergaulan negative.
e)      Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi.

Contoh : Mengikuti seminar dan workshop tentang dunia kerja, mengikuti kursus sesuai dengan bidang kerja yang akan diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar